Senin, 07 April 2025

Khatib Jum'at Tidak Mengutip Hadits Dari Ahli Hadits, Bolehkah Dan Bagaimana Hukumnya?

Khatib Jum'at Tidak Mengutip Hadits Dari Ahli Hadits, Bolehkah Dan Bagaimana Hukumnya?

Ibnu Hajar al-Haitami pernah ditanya terkait khatib yang meriwayatkan banyak hadits tanpa menjelaskan sumbernya, atau periwayatannya. Beliau menjawab: 



ما ذكره من الأحاديث في خطبة من غير أن يبين رواتها أو من ذكرها فجائز بشرط أن يكون من أهل المعرفة في الحديث أو ينقلها من كتاب ملفه كذلك ، وأما الاعتماد في رواية الأحاديث على مجرد رؤيتها في كتاب ليس مؤلفه من أهل الحديث أو في خطب ليس مؤلفها كذلك فلا يحل ذلك



Artinya: “Hadits-hadits yang disebutkan khatib dalam khutbahnya tanpa menjelaskan para perawi atau siapa yang menyebutkannya, itu diperbolehkan dengan syarat bahwa dia adalah orang yang ahli dalam ilmu hadits, atau dia mengutipnya dari penulis yang juga ahli dalam hadits. Adapun mengandalkan periwayatan hadits hanya berdasarkan melihatnya dalam sebuah buku yang penulisnya bukan ahli hadits, atau dalam khutbah yang penulisnya juga bukan ahli hadits, maka itu tidak diperbolehkan!” (Ibnu Hajar al-Haitami, al-Fatawa al-Haditsiyyah, [Beirut: Darul Fikr, t.t.], hal. 32).



Lebih lanjut Ibnu Hajar al-Haitami juga tegas menyatakan khatib-khatib yang dinilai kurang kompeten sebagaimana keterangan di atas, mesti ditegur. Bahkan jika mengulangi perbuatannya secara berulang maka perlu dilarang menjadi khatib oleh pihak berwenang. Adapun dalam konteks masa Ibnu Hajar al-Haitami, pihak berwenang merupakan pemerintah. (Ibnu Hajar al-Haitami, al-Fatawa al-Haditsiyyah, [Beirut: Darul Fikr, t.t.], hal. 32).

BACAAN BILAL SHOLAT JUM’AT

 

BACAAN BILAL SHOLAT JUM’AT

1.         Sebelum khotib naik mimbar, bilal mengambil tongkat, kemudian sambil berdiri membaca bacaan berikut ini:

إِنَّ اللهَ وَمَلٰۤئِكَتَهٗ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِيِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.اللَّـٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الطَّيِّبِيْنَ الطَّٰاهِرِيْنَ وَسَلِّمْ، وَرَضِيَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى عَنْ سَادَتِنَا أَصْحَابِ سَيِّدِنَا رَسُولِ اللهِ أَجْمَعِيْنَ، اللَّـٰهُمَّ قَوِّنَا فِي دِيْنِ اْلإِسْلاَمِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَانْصُرْهُمْ عَلَى مُعَانِدِيْهِمْ، رَبِّ اخْتِمْ لَنَا بِالْخَيْرِ، وَيَاخَيْرَ النَّاصِرِيْنَ.

2.       Setelah membaca ini, khotib berdiri dan mengambil tongkat yang di pegang oleh bilal.

3.       Setelah itu bilal azan yang ke-2.

4.       Setelah azan dan berdo’a, kemudian bilal duduk mendengarkan khutbah.

5.       Kemudian, setelah khotib membaca khutbah pertama dan duduk diantara dua khutbah, maka bilal membaca dengan nyaring sholawat berikut ini:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

6.         Setelah khotib selesai khutbah ke-2, maka bila langsung membaca Iqomah. 

Mau Download file Wordnya? klik berikut ini:

download

Jumat, 04 April 2025

TATA CARA MEMBAYAR ZAKAT FITRAH

 

KETENTUAN MEMBAYAR ZAKAT FITRAH

 

1.   Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

 ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮَﺓِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku menurut syari’at, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Ingin tahu lebih lengkap? Silahkan download:

Download File Word

Kamis, 16 Januari 2025

WAKTU

 



WAKTU

 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاۤءً وَّالْقَمَرَ نُوْرًا وَّقَدَّرَهٗ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابَۗ مَا خَلَقَ اللّٰهُ ذٰلِكَ اِلَّا بِالْحَقِّۗ يُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ ۝٥

Artinya: ”Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya. Dialah pula yang menetapkan tempat-tempat orbitnya agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan demikian itu, kecuali dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada kaum yang mengetahui.”

Di dalam Tafsir al- Wajiz Syaikh Wahbah Az- Zuhaili menjelaskan: “dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, yakni tempat peredaran perjalanan bumi mengitari matahari dan bulan mengitari bumi agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan waktu. Allah tidak menciptakan hal yang demikian sempurna itu melainkan dengan benar, yakni dengan hikmah yang besar. Melalui penciptaan tersebut, Dia menjelaskan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya kepada orang-orang yang mengetahui, yakni yang mau mengambil pelajaran dari tanda-tanda kekuasaan Allah di alam raya ini.”

Bulan Januari-Desember setiap tahunnya dan penentuan waktu sholat adalah berdasarkan perhitungan peredaran bumi yang mengitari matahari, sedangkan bulan Muharrom-Dzulhijjah (Kalender Hijriyyah) dan khususnya penetuan awal puasa dan awal lebaran adalah berdasarkan perhitungan bulan mengitari bumi. Berarti perhitungan tahun baik berdasarkan kalender masehi maupun hijriyyah sama-sama memiliki dalil dari al-Qur’an sebagaimana ayat di atas, perhitungan waktu, sama-sama berdasarkan 2 makhluq Allah, yakni matahari dan bulan.

Maka sekarang, yang sangat penting bagi kita adalah bagaimana memanfaatkan waktu tersebut. Di antara ayat al-Qur’an yang bisa kita jadikan pedoman adalah Surah al-‘Ashr ayat 1-3:

وَالْعَصْرِۙ ۝١

Demi masa,

اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ ۝٢

sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian,

 

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبۡرِ۝٣

kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh serta saling menasihati untuk kebenaran dan kesabaran.

Allah bersumpah demi masa (waktu) padahal masa (waktu) adalah makhluk-Nya, mengapa? Syekh Manna' Al-Qatthan dalam kitab Mabahits fi 'Ulumil Qur'an menjelaskan alasan kenapa Allah bersumpah dengan mahluk-mahluk-Nya:

وإنما أقسم الله بمخلوقاته؛ لأنها تدل على بارئها، وهو الله تعالى، وللإشارة إلى فضيلتها ومنفعتها ليعتبر الناس بها

Artinya, "Sesungguhnya Allah bersumpah dengan mahluk-mahluk-Nya karena makhluk tersebut menunjukan pada Dzat yang menciptakannya, yakni Allah Ta'ala; dan juga sebagai isyarat atas keutamaan dan kemanfaatan mahluk tersebut supaya manusia dapat mengambil pelajaran atau teladan darinya".

Selanjutnya, di dalam tafsir as- Showi di jelaskan bahwa: Ketahuilah bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menetapkan kerugian bagi seluruh manusia, kecuali orang yang melakukan 4 hal yaitu: Iman, amal sholih, saling berwasiat dalam kebenaran, dan saling berwasiat dalam kesabaran. Iman dan amal sholih khusus untuk diri sendiri, sedangkan yang khusus untuk orang lain adalah saling berwasiat dalam kebenaran dan saling berwasiat dalam kesabaran. Ibnu Katsir di dalam tafsirnya menjelaskan bahwa:

1.    Iman

Maksudnya adalah beriman dengan hati mereka.

2.    Beramal Sholih

Maksudnya dengan anggota tubuhnya.

Imam al-Qusyairi di dalam tafsirnya Lathaiful Isyarah menjelaskan maknanya adalah orang-orang yang ikhlas dalam beribadah.

3.    Saling berwasiat dalam kebanaran

Maksudnya saling berwasiat dalam melaksanakan keta’atan dan meninggalkan yang di haramkan.

4.    Saling berwasiat dalam kesabaran

Maksudnya saling berwasiat dalam kesabaran atas musibah-musibah dan taqdir.

 

Maka janganlah kita lalai dengan waktu, yang membuat kita sengsara baik di dunia, lebih-lebih lagi di akhirat. Sebagai penutup marilah kita renungkan hadits Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wa Sallam berikut ini:

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

 

”Ada dua kenikmatan di mana banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang.” [HR Bukhari, dari Ibnu ‘Abbas]

 

Sewaktu sehat mereka tidak mau atau sedikit beribadah, dan ketika senggang hanya untuk hura-hura dan melakukan perbuatan yang sia-sia belaka.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa menolong dan memberikan hidayah kepada kita di dalam memanfaatkan waktu sesuai dengan keridhoan-Nya selama hidup kita. Amin.

Rabu, 25 Desember 2024

INI “STASIUN” YANG WAJIB KITA SINGGAHI AGAR MASUK KE SURGA



 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman di dalam al-Qur’an Surah al-Fajr ayat 29 dan 30:

فَادْخُلِيْ فِيْ عِبٰدِيْۙ ۝٢٩

fadkhulî fî ‘ibâdî

Lalu, masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku.

وَادْخُلِيْ جَنَّتِيْ ۝٣٠

wadkhulî jannatî

dan masuklah ke dalam surga-Ku![1]

Berdasarkan ayat ini jelaslah bahwa untuk masuk kedalam surga, haruslah terlebih dahulu masuk kedalam stasiun (golongan) hamba-hamba Allah. Tanpa melewati jalur hamba Allah, maka tidak sampai ke surga. Untuk menjadi hamba Allah Subhanahu Wa Ta'ala kita harus mengetahui sifat-sifatnya agar bisa kita aplìkasikan. Lantas, Bagaimana sesungguhnya sifat-sifat hamba Allah ini?

Didalam al-Qur’an surah al-fatihah Ayat ke 5 Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ ۝٥

iyyâka na‘budu wa iyyâka nasta‘în

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan.[2]

Di dalam tafsir al-Baghawi[3] di jelaskan bahwa hanya kepada-Mu kami menyembah artinya kami mengesakan-Mu, ta’at kepada-Mu dalam keadaan merendahkan diri, tunduk dan patuh, dan keta’atan ibadah hendaklah di iringi bersamaan dengan keadaan merendahkan diri, tunduk dan patuh. Dan di namakan seseorang itu sebagai seorang hamba (عبد) karena merasa rendah diri, tunduk dan patuh di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.[4]

Oleh karena itu tidaklah layak seorang hamba membanggakan dirinya di sebabkan ibadah yang telah di lakukannya. Kenapa? Karena pada hakikatnya hamba itu bisa melakukan ibadah karena pertolongan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebagaimana lanjutan dari ayat اِيَّاكَ نَعْبُدُ yaitu وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ yang tafsirnya adalah kami memohon kepada-Mu untuk beribadah kepada-Mu dan meminta pertolongan kepada-Mu atas semua urusan kami. Maka menjadi jelaslah bahwa ibadah yang kita lakukan itu adalah karena pertolongan, karunia dan rahmat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala semata, dan janganlah di sandarkan kepada kemampuan kita. Apalagi menyandarkan masuk surga karena amal kita. Maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kita masuk surga bukan karena amal kita, tetapi karena karunia dan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Sebagaimana sabda Rasulullah Shollallhu ‘Alaihi Wa Sallam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:

لَنْ يُدْخِلَ أحَدًا عَمَلُهُ الجَنَّةَ. قالوا: ولا أنْتَ يا رَسولَ اللَّهِ؟ قالَ: لا، ولا أنا، إلَّا أنْ يَتَغَمَّدَنِي اللَّهُ بفَضْلٍ ورَحْمَةٍ[5]

Tidak akan masuk surga seorangpun karena amalnya. Para sahabat bertanya: “Tidak juga engkau wahai Rasulullah?” Beliau bersabda: “Tidak, Tidak juga saya, kecuali bila Allah melimpahkan karunia dan rahmat-Nya padaku.”

Ketika kita menyandarkan kepada kemampuan kita, maka di hati kita akan muncul rasa lebih dan merendahkan orang lain yang tidak atau kurang beribadah. Ketika rasa ini muncul segeralah kita memohon perlindungan kepada Allah dari perasaan ini, karena ini adalah suatu bentuk kesombongan. Dan sebaliknya maksiat yang telah kita lakukan tetapi menjadikan rendah diri dan membutuhkan rahmat dari Allah, itu lebih baik dari perbuatan taat yg membangkitkan rasa sombong, ujub dan merendahkan orang lain. Sebagaimana yang di sebutkan oleh oleh Ibnu ‘Athaillah di dalam hikam beliau yang ke 107:

مَعْصِيَة ٌ اَورَثـْتَ ذُلاًّ واَفـْتِقَاراً خَيرٌ من طاَعةٍ اَوْرَثـْتَ عِزًّ واسْتِكباَراً

“Maksiat (dosa) yg menjadikan rendah diri dan membutuhkan rahmat dari Allah, itu lebih baik dari perbuatan taat yg membangkitkan rasa sombong, ujub dan merendahkan orang lain.”

   Mufti Mesir Prof. Dr. Syaikh ‘Ali Jum’ah memberikan penjelasan dengan mengutip penjelasan dari al-‘Allamah ar- Randi dalam syarah hikamnya: “Tidak di ragukan lagi bahwa merendahkan diri dan merasa butuh kepada Allah adalah termasuk dari sifat ‘ubudiyyah, maka menghimpun kedua sifat ini menyebabkan sampai kepada Allah, sedangkan mulia dan besar (agung) termasuk termasuk dari sifat-sifat ketuhanan. Menghimpun kedua sifat ini menyebabkan menjadi hina dan tidak di terimanya amal ibadah.[6]

       Dari penjelasan ini di simpulkan:

1.       Masuk surga harus melalui menjadi hamba Allah terlebih dahulu.

2.       Sifat hamba Allah adalah selalu merendahkan diri, tunduk, patuh dan butuh dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

3.       Amal kita tidak menyebabkan kita masuk ke dalam surga, tetapi yang memasukkan adalah karena karunia dan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

4.       Dosa yang menyebabkan rendah diri dan merasa butuh kepada Allah menyebabkan sampai kepada Allah.

5.       Melakukan ibadah yang menyebabkan diri merasa mulia dan besar (agung) menyebabkan menjadi hina dan tidak di terimanya amal ibadah.

Minggu, 22 Desember 2024

NIKMAT PENGAJARAN AL-QUR’AN, PENCIPTAAN MANUSIA DAN BAHASA

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الرَّحْمٰنِ, اَلَّذِيْ اَنْعَمَ عَلَيْنَا الْقُرْآنَ ,وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍاَحْسَنِ الْاِنْسَانِ, وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ لَهُمْ هِدَايَةُ الْقُرْآنِ. أَمَّـا بَعْدُ. قَالَ اللهُ تَعَالى فِيْ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ : أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم .بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. تَبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ .

Dewan hakim hakim yang arif dan bijaksana
Hadirin seiman, sekeyakinan sebangsa satu jiwa satu bahasa rohimakumullah.

Jo-Ann Tsang, profesor psikologi dan ilmu saraf di College of Arts and Sciences di Baylor University di Waco, Texas, dan beberapa peneliti lainnya mempublikasikan temuan mereka secara online di jurnal Personality and Individual Differences, mereka menemukan bahwa: “orang yang materialistis lebih sulit mensyukuri apa yang dimilikinya, sehingga menyebabkan mereka menjadi sengsara.” bahkan mereka menyempitkan makna benda menjadi uang, sebagaimana di sebutkan di dalam Cambridge dictionary: the belief that having money and possessions is the most important thing in life, yang artinya adalah “keyakinan bahwa memiliki uang dan harta benda adalah hal terpenting dalam hidup.” Keyakinan seperti inipun mempengaruhi ummat Islam.

Meluruskan keyakinan ini, al- Qur’an telah menjelaskan tentang keaneka ragaman nikmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada manusia. Maka, berdasarkan ungkapan ini kami akan memaparkan Syarahan al- Qur’an yang berjudul: Nikmat Pengajaran al- Qur’an, Penciptaan Manusia dan Bahasa.
Dengan rujukan al- Qur’an Surah ar- Rohman ayat 1-4:
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم .بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَلرَّحْمٰنُۙ)١ (عَلَّمَ الْقُرْاٰنَۗ)٢ ( خَلَقَ الْاِنْسَانَۙ)٣ (عَلَّمَهُ الْبَيَانَ)٤(

Artinya: Hamba Berlindung kepada Allah dari godaan Setan yang terkutuk. Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Tuhan Yang Maha Pengasih. Dia mengajarkan Alquran. Dia menciptakan manusia. Mengajarnya pandai berbicara.

1. Nikmat Pengajaran al- Qur’an

اَلرَّحْمٰنُۙ)١ (عَلَّمَ الْقُرْاٰنَۗ)٢ (

Tuhan Yang Maha Pengasih. Dia mengajarkan Alquran.

Di dalam tafsir al- Qosimi di jelaskan bahwa “ Pokok dari nikmat agama adalah al- Qur’an, yakni nikmat turun dan nikmat diajarkannya”. Mengikuti ajaran di dalamnya akan mendapat petunjuk dan rahmat. Ini di jelaskan di dalam al- Qur’an Surah Al Jasiyah ayat 20:

هَٰذَا بَصَائِرُ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ

Artinya: "(Al-Qur'an) ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini."

Agar bisa menjadi petunjuk di dalam kehidupan al- Qur’an harus di pelajari, yaitu dengan belajar membaca dan memahaminya. Tapi, di Indonesia masih banyak yang buta aksara al- Qur’an. Dra. Hj. Chalimatus Sa’dijah, MA, ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) IIQ Jakarta mengungkapkan bahwa presentase buta aksara Al-Qur’an di Indonesia 58,57% sampai dengan 65%. Kondisi ini memerlukan gerakan bersama untuk memberantas buta aksara al- Qur’an.

Berikutnya adalah belajar memahami al- Qur’an. Peluang untuk memberikan pemahaman al- Qur’an secara luas adalah melalui internet, tergambar dari hasil Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia tahun 2024, pemakai internet di Indonesia adalah 79,5% atau 221.563.479 jiwa.
Komitmen terhadap belajar dan mengajar al- Qur’an dengan berbagai sarana, menjadikan kita tergolong kepada orang terbaik, sebagaimana hadits Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang di riwayatkan oleh Imam Bukhori:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” 
 
2. Nikmat Penciptaan Manusia

Sesudah Allah menyatakan nikmat mengajarkan Al-Qur’an pada ayat yang lalu, maka pada ayat ini Dia menciptakan jenis makhluk-Nya yang terbaik yaitu manusia.
خَلَقَ الْاِنْسَانَۙ)٣ (

Dia menciptakan manusia.

Ibnu ‘Asyur menjelaskan di dalam tafsirnya at- Tanwir bahwa penciptaan adalah nikmat yang agung, karena di dalam penciptaan adalah sebagai pemuliaan terhadap makhluk.

3. Nikmat Berbicara dengan Bahasa

عَلَّمَهُ الْبَيَانَ)٤(

Mengajar (manusia) pandai berbicara.

Di dalam tafsir Tafsir al- Qurthubi maknanya adalah Allah mengajarkan manusia seluruh bahasa. Dan Ini termasuk tanda- tanda kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sebagaimana firman-Nya di dalam al- Qur’an surah ar- Rum ayat 22:

وَمِنْ اٰيٰتِهٖ خَلْقُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافُ اَلْسِنَتِكُمْ وَاَلْوَانِكُمْۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّلْعٰلِمِيْنَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasamu dan warna kulitmu. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.

Melalui bahasa kita bisa mengajarkan (isi) al- Qur’an. Ketika al- Qur’an sudah kita fahami dan amalkan maka akan menjadi hujjah yang menolong kita, sebagaimana sabda Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang di riwayatkan Imam Muslim:

اَلْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ

“Al-Qur`an itu bisa menjadi hujjah yang membelamu atau sebaliknya menjadi hujjah yang membantahmu.”

Akhirnya, dari syarahan ini kami menyimpulkan:

1. Pengajaran al- Qur’an, penciptaan manusia, dan berkomunikasi dengan bahasa termasuk nikmat Allah.

2. Pokok dari nikmat agama adalah al- Qur’an.

3. Internet termasuk sarana pengajaran al- Qur’an untuk saat ini.

4. Melalui bahasalah belajar dan mengajar al- Qur’an bisa terlaksana.

إِلَى اللِّقَاءِ
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ والهِدَايَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله وَبَرَكَاتُهُ

Minggu, 30 Juni 2024

SYARHIL QUR'AN: PENGUATAN KELUARGA DALAM MENOPANG KETAHANAN NASIONAL



 مسابقة شرح القرآن

 

مَبْحَث/عُنْوَان :

 

PENGUATAN KELUARGA DALAM MENOPANG KETAHANAN NASIONAL

 

TINGKAT KECAMATAN TEBO TENGAH

UTUSAN KELURAHAN TEBING TINGGI

                                           

مُؤَلِّف:

FIRDAUS, M.Pd.I

 

فريقة شرح القرآن:

شارحة آيات القرآن            : MUFIDATUN NAJWA

قارئة آيات القرآن              : SALSA BILLA UNTARI

مترجمة آيات القرآن            : KHEYLA NUZUR RAMADINI

 

 

MTQ TINGKAT KECAMATAN TEBO TENGAH

TAHUN 2024

 

 

 

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ جَعَلَ أُسْرَةَ الْمُسْلِمِيْنَ أُسْرَةً سَكِيْنَةً مَوَدَّةً وَرَحْمَةً، اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ، وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ وَلَا رَسُوْلَ بَعْدَه، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِينَ, اَمَّا بَعْدُ. قَالَ اللهُ تَعَالى فِيْ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ : أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم .بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. قَالُوٓا۟ إِنَّا كُنَّا قَبْلُ فِىٓ أَهْلِنَا مُشْفِقِينَ

 

~Dewan hakim yang arif nan bijaksana

~Hadirin seiman, sekeyakinan, sebangsa, satu jiwa, satu bahasa rohimakumullah.

Guru Besar Ketahanan Dan Pemberdayaan Keluarga Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Euis Sunarti, M.Si ketika menjadi narasumber Round Table Discussion (RTD) Direktorat Pengkajian Sosial Budaya dan Demografi Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) dengan tema “Revitalisasi Fungsi Utama Keluarga Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional”, beliau menyatakan bahwa “keluarga sebagai unit sosial terkecil adalah penentu kualitas hidup. Kualitas hidup keluarga mencerminkan kualitas hidup bangsa. Hal tersebut juga sejalan dengan ketahanan di keluarga mencerminkan ketahanan nasional.”

Hadirin, Keluarga adalah jiwa masyarakat dan tulang punggungnya. Kesejahteraan lahir dan batin yang dinikmati suatu bangsa, atau sebaliknya, kebodohan dan keterbelakangannya, adalah cerminan dari keadaan keluarga-keluarga yang hidup pada masyarakat bangsa tersebut. berdasarkan pernyataan ini, kami akan menyampaikan Syarah al-Qur’an dengan judul:

PENGUATAN KELUARGA DALAM MENOPANG KETAHANAN NASIONAL

Dengan rujukan firman Allah SWT dalam Alquran surah at-Tahrim ayat 6 sebagai berikut:

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

 

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS at-Tahrim ayat 6).

Hadirin sebangsa dan setanah air yang berbahagia,

Ibnu Katsir mengutip pendapat Sufyan As-Sauri tentang “peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”, maksudnya adalah didiklah mereka dan ajarilah mereka.

Seluruh anggota keluarga memiliki 2 dimensi yaitu jasmani dan rohani. Dikaitkan dengan tafsir ayat tadi, maka pendidikan dan penguatan keluarga harus berimbang antara dimensi jasmani dan rohani. Berimbang inilah yang yang menjadi sumber kebahagiaan anggota keluarga. Ini sejalan dengan hasil survey dari Snapcart tentang Happiness Among Indonesians bahwa sebanyak 58% responden menyatakan bahwa keluarga adalah sumber utama kebahagiaannya. Betul hadirin?

Nilai pendidikan yang perlu ditumbuh kembangkan di dalam keluarga adalah iman, ibadah, akhlaq, ilmu pengetahuan dan life skill, serta cinta tanah air.

1.    Keimananan (Tauhid)

Iman harus mantap tanpa ragu- ragu.

 

2.    Ibadah

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menegaskan bahwa Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.

 

3.    Akhlaq

 

Imam Tirmidzi meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda:

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا...

“Orang mukmin yang paling sempurna adalah mereka yang memiliki akhlak mulia...

(Sunan Tirmidzi, no. Hadis: 1195).

Prof. Dr. Euis menyebutkan pendapat yang sejalan dengan hadits ini yaitu: “bahwa idealnya yang di tanamkan di dalam keluarga adalah: menanamkan nilai-nilai seperti cinta kasih, (yang pada akhirnya) diharapkan akan terbentuknya ketertiban dan kesejahteraan sosial.

 

4.    Ilmu pengetahuan dan Life Skill

Hidup di dunia ini perlu menyeimbangkan kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat sebagaimana do’a yang sering kita munajatkan yang bersumber dari surah al- Baqoroh ayat 201:

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.”

Di dalam Tafsir al- Wajiz Prof. Dr. Wahbah az- Zuhaili menjelaskan dengan doa ini, orang-orang beriman yang berilmu dan beramal saleh hidupnya menjadi seimbang lahir batin, dunia akhirat. Betul hadirin?

Dengan ilmu pengetahuan yang sudah mantap dan di dukung oleh life skill maka insya Allah kebutuhan ekonomi akan terpenuhi dan akan sukses dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Khusus kepada generasi muda tunas bangsa, dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan pesan:

wahai generasi muda Indonesia

mari perkaya diri dengan ilmu pengetahuan

kita isi jiwa dengan taqwa dan keimanan

dan kita hiasi akhlaq dengan laksana berlian

Hadirin Rahimakumullah,

5.      Cinta Tanah Air

 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman di dalam surat Al-Qashash ayat 85:

 إِنَّ الَّذِي فَرَضَ عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لَرَادُّكَ إِلَى مَعَادٍ  

 

Artinya: “Sesungguhnya (Allah) yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) Al-Qur’an benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali.” (QS. Al Qashash: 85)  

Syekh Ismail Haqqi Al-Hanafi Al-Khalwathi dalam tafsirnya Ruhul Bayan memberikan penafsiran tentang ayat ini:

 وفي تَفسيرِ الآيةِ إشَارَةٌ إلَى أنَّ حُبَّ الوَطَنِ مِنَ الإيمانِ، وكَانَ رَسُولُ اللهِ - صلى الله عليه وسلم - يَقُولُ كَثِيرًا: اَلْوَطَنَ الوَطَنَ، فَحَقَّقَ اللهُ سبحانه سُؤْلَهُ.

“Di dalam tafsir ayat terdapat suatu petunjuk atau isyarat bahwa “cinta tanah air sebagian dari iman”. Rasulullah SAW (dalam perjalanan hijrahnya menuju Madinah) banyak sekali menyebut kata; “tanah air, tanah air”, kemudian Allah SWT mewujudkan permohonannya (dengan mengembalikannya ke Makkah).

Hadirin Rohimakumullah,

5 apek yang sangat urgen tadi adalah faktor sangat menopang ketahanan nasional. Untuk itu, mari kita dengarkan lantunan firman Allah dalam surah at- taubah ayat 122:

QS. At-Taubah ayat 122.

 وَما كانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً فَلَوْلا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ  

“Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya.” (QS. At-Taubah: 122)  

Syekh Muhammad Mahmud al-Hijazi dalam Tafsir al-Wadlih memberikan penafsiran tentang ayat ini bahwa tanah air membutuhkan perjuangan dengan pedang (senjata), dan argumentasi. Memperkokoh moralitas dan mencetak generasi yang berwawasan ‘cinta tanah air sebagian dari iman’, serta mempertahankannya (tanah air) adalah kewajiban yang suci.

Setelah 5 aspek di atas terpenuhi, maka إِنْ شَاءَ ٱللَّٰهُ  negara kesatuan republik Indonesia akan menjadi baldatun Thayyibatun Wa Robbun Ghafur (negeri yang mendapatkan kemakmuran di bumi dan di akhirat).

Akhirnya, Dari uraian ini dapatlah disimpulkan bahwa:

1.    Penguatan keluarga haruslah dengan menguatkan 5 aspek yaitu: iman, ibadah, akhlaq, ilmu pengetahuan dan life skill, serta cinta tanah air.

2.    Menerapkan 5 aspek ini akan mewujudkan baldatun Thayyibatun Wa Robbun Ghafur (negeri yang mendapatkan kemakmuran di bumi dan di akhirat).

Sebagai penutup marilah kita mulai menguatkan keluarga kita masing-masing, yang selanjutnya إِنْ شَاءَ ٱللَّٰهُ  bisa menjadi tauladan bagi keluarga yang lain, betul hadirin? Demikianlah yang dapat kami sampaikan.

Jalan- jalan ke Jakarta, pulangnya naik mobil mersi

Demikian syarahan dari kami, cukup sekian terima kasih

إِلَى اللِّقَاءِ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 

 

 

 

 

KETENANGAN DAN KEGELISAHAN HATI

  KETENANGAN DAN KEGELISAHAN HATI   اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي شَرَحَ صُدُوْرَ الْمُوَفَّقِيْنَ بِأَلْطَافِ بِرِّهِ وَآلَائِهِ، وَنُوْرِ بَصَ...