بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الرَّحْمٰنِ, اَلَّذِيْ اَنْعَمَ عَلَيْنَا الْقُرْآنَ ,وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍاَحْسَنِ الْاِنْسَانِ, وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ لَهُمْ هِدَايَةُ الْقُرْآنِ. أَمَّـا بَعْدُ. قَالَ اللهُ تَعَالى فِيْ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ : أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم .بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. تَبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ .
Dewan hakim hakim yang arif dan bijaksana
Hadirin seiman, sekeyakinan sebangsa satu jiwa satu bahasa rohimakumullah.
Jo-Ann Tsang, profesor psikologi dan ilmu saraf di College of Arts and Sciences di Baylor University di Waco, Texas, dan beberapa peneliti lainnya mempublikasikan temuan mereka secara online di jurnal Personality and Individual Differences, mereka menemukan bahwa: “orang yang materialistis lebih sulit mensyukuri apa yang dimilikinya, sehingga menyebabkan mereka menjadi sengsara.” bahkan mereka menyempitkan makna benda menjadi uang, sebagaimana di sebutkan di dalam Cambridge dictionary: the belief that having money and possessions is the most important thing in life, yang artinya adalah “keyakinan bahwa memiliki uang dan harta benda adalah hal terpenting dalam hidup.” Keyakinan seperti inipun mempengaruhi ummat Islam.
Meluruskan keyakinan ini, al- Qur’an telah menjelaskan tentang keaneka ragaman nikmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada manusia. Maka, berdasarkan ungkapan ini kami akan memaparkan Syarahan al- Qur’an yang berjudul: Nikmat Pengajaran al- Qur’an, Penciptaan Manusia dan Bahasa.
Dengan rujukan al- Qur’an Surah ar- Rohman ayat 1-4:
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم .بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَلرَّحْمٰنُۙ)١ (عَلَّمَ الْقُرْاٰنَۗ)٢ ( خَلَقَ الْاِنْسَانَۙ)٣ (عَلَّمَهُ الْبَيَانَ)٤(
Artinya: Hamba Berlindung kepada Allah dari godaan Setan yang terkutuk. Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Tuhan Yang Maha Pengasih. Dia mengajarkan Alquran. Dia menciptakan manusia. Mengajarnya pandai berbicara.
1. Nikmat Pengajaran al- Qur’an
اَلرَّحْمٰنُۙ)١ (عَلَّمَ الْقُرْاٰنَۗ)٢ (
Tuhan Yang Maha Pengasih. Dia mengajarkan Alquran.
Di dalam tafsir al- Qosimi di jelaskan bahwa “ Pokok dari nikmat agama adalah al- Qur’an, yakni nikmat turun dan nikmat diajarkannya”. Mengikuti ajaran di dalamnya akan mendapat petunjuk dan rahmat. Ini di jelaskan di dalam al- Qur’an Surah Al Jasiyah ayat 20:
هَٰذَا بَصَائِرُ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ
Artinya: "(Al-Qur'an) ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini."
Agar bisa menjadi petunjuk di dalam kehidupan al- Qur’an harus di pelajari, yaitu dengan belajar membaca dan memahaminya. Tapi, di Indonesia masih banyak yang buta aksara al- Qur’an. Dra. Hj. Chalimatus Sa’dijah, MA, ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) IIQ Jakarta mengungkapkan bahwa presentase buta aksara Al-Qur’an di Indonesia 58,57% sampai dengan 65%. Kondisi ini memerlukan gerakan bersama untuk memberantas buta aksara al- Qur’an.
Berikutnya adalah belajar memahami al- Qur’an. Peluang untuk memberikan pemahaman al- Qur’an secara luas adalah melalui internet, tergambar dari hasil Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia tahun 2024, pemakai internet di Indonesia adalah 79,5% atau 221.563.479 jiwa.
Komitmen terhadap belajar dan mengajar al- Qur’an dengan berbagai sarana, menjadikan kita tergolong kepada orang terbaik, sebagaimana hadits Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang di riwayatkan oleh Imam Bukhori:
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
“Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.”
2. Nikmat Penciptaan Manusia
Sesudah Allah menyatakan nikmat mengajarkan Al-Qur’an pada ayat yang lalu, maka pada ayat ini Dia menciptakan jenis makhluk-Nya yang terbaik yaitu manusia.
خَلَقَ الْاِنْسَانَۙ)٣ (
Dia menciptakan manusia.
Ibnu ‘Asyur menjelaskan di dalam tafsirnya at- Tanwir bahwa penciptaan adalah nikmat yang agung, karena di dalam penciptaan adalah sebagai pemuliaan terhadap makhluk.
3. Nikmat Berbicara dengan Bahasa
عَلَّمَهُ الْبَيَانَ)٤(
Mengajar (manusia) pandai berbicara.
Di dalam tafsir Tafsir al- Qurthubi maknanya adalah Allah mengajarkan manusia seluruh bahasa. Dan Ini termasuk tanda- tanda kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sebagaimana firman-Nya di dalam al- Qur’an surah ar- Rum ayat 22:
وَمِنْ اٰيٰتِهٖ خَلْقُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافُ اَلْسِنَتِكُمْ وَاَلْوَانِكُمْۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّلْعٰلِمِيْنَ
Artinya: “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasamu dan warna kulitmu. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.
Melalui bahasa kita bisa mengajarkan (isi) al- Qur’an. Ketika al- Qur’an sudah kita fahami dan amalkan maka akan menjadi hujjah yang menolong kita, sebagaimana sabda Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang di riwayatkan Imam Muslim:
اَلْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ
“Al-Qur`an itu bisa menjadi hujjah yang membelamu atau sebaliknya menjadi hujjah yang membantahmu.”
Akhirnya, dari syarahan ini kami menyimpulkan:
1. Pengajaran al- Qur’an, penciptaan manusia, dan berkomunikasi dengan bahasa termasuk nikmat Allah.
2. Pokok dari nikmat agama adalah al- Qur’an.
3. Internet termasuk sarana pengajaran al- Qur’an untuk saat ini.
4. Melalui bahasalah belajar dan mengajar al- Qur’an bisa terlaksana.
إِلَى اللِّقَاءِ
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ والهِدَايَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله وَبَرَكَاتُهُ